Cara memeriksa apakah Anda menjalankan Windows 32-bit atau 64-bit

Saat Windows terinstal di komputer Anda, ia dapat diinstal sebagai versi 32-bit atau versi 64-bit. Bagi kebanyakan orang, apakah mereka menggunakan versi 32-bit atau versi 64-bit tidak membuat perbedaan. Namun, penting untuk mengetahui apakah Anda menjalankan versi 64-bit atau 32-bit Windows saat melakukan tugas tertentu di komputer Anda. Misalnya, jika Anda menginstal perangkat keras baru atau memperbarui driver perangkat keras yang ada, maka Anda perlu mengetahui versi Windows yang Anda gunakan sehingga Anda dapat mendownload driver yang sesuai.

Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana Anda bisa menentukan apakah Anda menjalankan Windows 32-bit atau versi 64-bit.

Pada Windows XP, Windows Vista, atau Windows 7, untuk memeriksa apakah Anda menggunakan versi Windows 32-bit atau 64-bit, klik tombol Start, klik kanan pada opsi menu Computer, dan kemudian pilih Properties. Pada Windows 8, ketik Computer pada Start Screen lalu klik pada Computer search result ketika muncul.

Panel Kontrol Sistem sekarang akan terbuka. Di layar ini Anda akan melihat berbagai informasi tentang komputer dan Windows Anda. Salah satu item akan disebut Tipe Sistem dan akan berisi informasi mengenai apakah Anda menggunakan versi Windows 32-bit atau 64-bit. Untuk Windows XP, hanya akan memberi tahu Anda apakah 64-bit-nya dan akan ditampilkan di area System di bawah nama sistem operasi. Jika versi 32-bit XP-nya tidak akan memberikan sedikit pun jenisnya.

Jika Anda menggunakan versi 32-bit Windows, informasi Tipe Sistem akan menyatakan Sistem Operasi 32-bit seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

32-Bit Computer

Jika Anda menggunakan versi Windows 64-bit, maka Tipe Sistem akan menyatakan Sistem Operasi 64-bit seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

64-Bit Computer

Dengan menggunakan informasi ini, Anda sekarang dapat mendownload dan menginstal driver atau perangkat lunak yang sesuai untuk versi Windows Anda.

Selanjutnya Baca: Cara mendownload dan membuat DVD Upgrade Windows 8 yang dapat di-boot